Pages

Daftar Blognya Puspo

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto Saya
all about redandpurple
Lihat profil lengkapku

sekolahku

SMAN 20 Surabaya

flag counter

free counters

RSS

buatan anak Indonesia

MALANG: Mobil Esemka karya pelajar SMK Negeri 6 Kota Malang dan SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang meraih order 300 unit mobil.
 
Prototipe mobil itu  dipamerkan di arena Muktamar XI Jamiyyah Ahlit Thariqah Al Muktabarah An Nahdliyyah di Pondok Pesantren Al Munawwariyyah Bululawang Kabupaten Malang, selama 11-14 Januari lalu.
          
Dari 300 unit order tersebut, 200 unit di antaranya berasal dari Ketua DPW NU Jawa Barat, Eman Suryaman. Sementara itu sisanya berasal dari peserta muktamar yang datang dari seluruh pelosok tanah air dan mencatatkan namanya di buku inden yang disediakan di lokasi muktamar. 
          
Bahkan, secara khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh membeli mobil Esemka buatan SMK Negeri 6 Kota Malang seharga Rp125 juta dan kemudian disumbangkan ke Ponpes Al Munawwariyyah Kecamatan Bululawang.
          
Acara penyerahan sendiri dilakukan bertepatan dengan  penutupan muktamar disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan Sabtu  kemarin.
 
Pada kesempatan itu, Menko Perekonomian Hatta Radjasa juga menyempatkan diri menjajal mobil buatan pelajar tersebut di sekitar halaman ponpes yang juga menjadi arena muktamar ditemani pengasuh Ponpes Al Munawwariyyah, K.H. Maftuh Said.
 
"Mobil buatan anak-anak ini bagus. Saya juga berminat untuk memesan," kata Hatta usai test drive kemarin.
 
Menko juga menyatakan rasa bangganya atas kemajuan teknologi yang  dilakukan para pelajar SMK yang memamerkan hasil karyanya di arena muktamar mulai dari mobil, TV LCD, IT, dan teknologi lainnya.
          
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din  Syamsuddin juga memesan satu unit mobil Esemka jenis SUV buatan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Kabupaten Magelang yang diberi nama Sang Surya. 
 
Menurut Din Syamsudin, saat acara launching mobil nasional Esemka Sang Surya di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, 12 Januari lalu, pihaknya  sudah memesan dan saat itu harganya relatif terjangkau. 
 
"Ternyata sehari berikutnya saat Meneg BUMN Dahlan Iskan datang ke SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, mobil yang saya pesan diambil oleh Pak Dahlan Iskan dengan harga Rp196 juta. Akhirnya saya pesan lagi dengan harga beli Rp300 juta," kata Din Syamsuddin di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akhir pekan lalu. 
 
Menurutnya mobil Esemka tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena SMK 2 Borobudur juga didukung oleh Kemendiknas dan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah setempat.
 
Saat ini sejumlah pihak yang sudah menyatakan minatnya untuk membeli mobil karya SMK 2 Borobudur tersebut sudah cukup banyak a.l Universitas MuhammadiyahYogyakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Universitas Ahmad Dahlan, masing-masing memesan 10 unit. Belum lagi mobil ambulance yang dipesan oleh setiap PKU Muhammadiyah.
 
Din berharap mobnas Sang Surya tersebut bisa terus berkembang dengan rancang bangun yang bagus  meski untuk mewujudkannya butuh proses panjang termasuk perizinan dan sebagainya. (sut)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar